Kenali 5 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan tubuh kita

bahaya makan terlalu cepat

Kenali 5 Bahaya Makan Terlalu Cepat Bagi Kesehatan tubuh kita

Makan terlalu cepat bisa terjadi karena adanya aktivitas atau pekerjaan yang sedang di kerjakan mendesak atau padat. Ada juga kemungkinan karna faktor kebiasaan yang tidak bisa berlama - lama mengunyah makanan.
Ada yang berkata bahwa makan cepat itu menandakan kegesitan seseorang. Banyak menilai sikap apakah orang tersebut cekatan berdasarkan cara makannya. Sebenarnya makan cepat tidaklah masalah, dengan catatan tidak asal makan.
Untuk cara makan yang terlalu cepat, ternyata kurang baik untuk tubuh kita. Jadi, sebaiknya kita juga memahami apa akibatnya ketika kita makan terlalu cepat untuk kesehatan tubuh kita.

Adapun ke 5 bahaya yang perlu kita kenali dan perhatikan ketika kita makan terlalu cepat adalah :

1. Adanya resiko kenaikan berat badan.

Waahh,, bisa-bisa gagal dong dietnya yaaa...hehehee.. Banyak para ahli mengatakan bahwa mengunyah makanan dengan lambat dapat mengontrol berat badan Anda.

bahaya makan terlalu cepat
Cobalah makan dengan pelan dan perlahan sehingga hormon dalam tubuh Anda bisa mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Apabila Anda makan dengan terlalu cepat, maka otot perut akan meregang lebih besar sehingga dapat menyebabkan kegemukan.

 Jadi, bagi Anda yang sedang menjalani program diet, sebenarnya dengan menerapkan makan pelan dan perlahan sudah bisa menurunkan berat badan Anda.

2. Dapat meningkatkan Stres

Jika Anda mengunyah makanan terlalu cepat, maka Anda tidak bisa fokus menikmati atau menyantap makanan Anda. Yang ada, Anda sewaktu makan akan memikirkan banyak hal, misalnya masalah pribadi atau masalah pekerjaan. Sehingga Anda asal maka saja yang penting kenyang namun meninggalkan stress karena pikiran Anda tidak tenang.
bahaya makan terlalu cepat

Oleh sebab itu, kunyahlah makanan Anda sampai lembut dan nikmati kelezatan makanan Anda sehingga otak akan merasakan sensasi senang dan tenang .

3.  Berakibat tersedak dan tergigit

Apakah Anda pernah mengalami tersedak atau lidah tergigit pada waktu makan?? Saya pernah mengalaminya.. Dan sangat tidak nyaman yaaahhh.. Hehehee..

Jika Anda makan makanan yang memiliki ukuran besar atau strukturnya kasar, cobalah makan dengan perlahan, karena Menelan makanan dengan ukuran besar dan tekstur kasar, dapat menyebabkan insiden ringan seperti tersedak atau lidah tergigit.

Bagi kebanyakan orang mendengar hal seperti tersedak atau lidah tergigit mungkin sepele, namun akibatnya bisa fatal dan bisa juha menimbulkan infeksi pada mulut. Oleh sebab itu, tenanglah pada waktu makan, jangan terburu-buru.

4. Alat pencernaan bekerja dengan keras.

Ketika kita mengunyah makanan hanya sebentar , maka pekerjaan alat pencernaan kita menjadi keras dan berat. Kenapa? Karena makanan yang kita makan tidak langsung jadi nutrisi yang bisa langsung diserap oleh darah, melainkan harus di proses dulu di dalam pencernaan.

Jadi, mulai sekarang.. Bantulah alat pencernaan Anda dengan mengunyah makanan sampai lembut. Janganlah makan terlalu cepat. Sayangilah alat pencernaan Anda.

5. Terjadi Gangguan di Pencernaan

Seperti di jelaskan pada poin 4, bahwa akibat makan terlalu cepat dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan kita. makan terlalu cepat juga dapat memperbanyak udara yang tertelan dan masuk ke pencernaan.

Udara yang tertelan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sfingter esofagus membuka lebar, dan asam perut akan naik mencapai dada atau tenggorokan. Gangguan pencernaan yang ringan seperti perut kembung, nyeri, mules, dll. Dan ini akan sangat membuat kita tidak nyaman.



Pada sebagian kasus, gangguan pada sistem pencernaan ini dapat berakibat serangan jantung. Wah, ngeri juga yaaa?? Be aware!
Dengan mengenali 5 bahaya akibat makan terlalu cepat diatas, semoga kita bisa memperhatikannya. Intinya, kunyahlah makanan Anda sampai lembut kemudian baru telan.
Semoga artikel ini bermanfaat.