Perlunya Anda memahami tentang MENGOREK Kuping


mengorek kuping

Perlunya Anda memahami tentang MENGOREK Kuping

Telinga atau kuping merupakan alat indera pendengaran yang sangat perlu juga dijaga kesehatan dan kebersihannya. Telinga yang sangat berhubungan dengan hidung dan tenggorokan ini sangat sensitif sehingga perlu kehati-hatian dalam membersihkannya. 

Banyak diantara kita yang langsung menggunakan cotton Bud atau bahkan jari kelingking apabila merasakan sesuatu yang gatal didalam kuping. 

Kita akan merasakan nikmatnya jika kuping kita yang gatal kita korek. Kita bahkan sangat puas ketika melihat hasil kekuningan yang kita dapatkan dari hasil korek kuping tersebut. Terkadang kita tidak menyadari bahwa dibalik enak dan nikmatnya mengorek telinga, kita tidak sadar telah mengorek telinga terlalu dalam.
 
Ini terjadi karena kita tidak sepenuhnya memahami cara mengorek atau membersihkan lubang telinga dengan baik dan benar. Kita bahkan mengira bahwa hasil korekan berwarna kuning tersebut adalah kotoran kuping.
Padahal sebenarnya kotoran kuping yang ingin kita bersihkan sebenarnya adalah serumen, sebuah zat yang memiliki bentuk layaknya lilin dengan warna kuning hingga kecoklatan. 


Memang untuk dibagian luarnya ada terdapat kotoran, namun apabila kita menggunakan Cutton Bud terlalu dalam maka akan membuat gangguan pendengaran yang jauh lebih fatal. Karena dapat mendesak gendang telinga kearah dalam sehingga gendang telinga yang seharusnya menangkap getaran suara akan tidak bisa bergetar sama sekali sehingga pendengaran kita pun akan bermasalah. 

Dalam beberapa kasus, jika kita menekan cotton bud terlalu dalam, maka saluran atau gendang telinga justru akan rusak dan bisa menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen. Sangat besar resikonya yaaa...
Pakar kesehatan dari Oxford University Hospitals berkata " jika sebenarnya telinga kita sudah memilliki mekanisme alami untuk membersihkan telinga kita" sehingga kita tidak begitu perlu memakai cotton bud karena membahayakan kondisi kesehatan telinga kita.

Jadi, hindari membersihkan telinga yang terlalu sering. Apabila Anda mengalami gatal pada telinga Anda, Anda silahkan langsung berkonsultasi dengan dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan) untuk mendapatkan pertolongan sehingga Anda tidak mengalami gangguan pada THT nantinya.

Apabila ketika anda melakukan kontrol dan menemukan adanya kotoran yang telah mengeras di dekat gendang telinga, maka biasanya oleh dokter akan memberikan obat tetes telinga untuk memecahkan kotoran tersebut. Nah, andapun jadi bisa tertangani dengan baik.

Well, Anda sudah tau bukan bahwa menggunakan Cutton Bud bukanlah solusi yang terbaik apabila menggunakannya dengan tidak sebenarnya. Konsultasi ke dokter THT supaya anda benar-benar memahami bagaimana cara mengorek atau membersihkan telinga Anda dengan benar.
Salam sehat.